Sunday, February 13, 2011

Antara Aku, dan Diare


Ini adalah salah satu kejadian kelam dalam hidupku (aduh tragis banget, lebay deh, hehe). Jadi begini, saat itu tahun 2010 tepatnya sekitar bulan November. Saat itu aku menderita, duh malu bilangnya, menderita, menderita, Adhit bilang dong, ehm menderita diare, atau bahasa kasarnya menceret, sedih, malu dan sakit sekali rasanya. Kalo begitu langsung saja ya, kuceritakan awal mulanya aku menderita penyakit yang jika tidak segera ditangani, juga dapat menyebabkan kematian ini.


Di kala itu sebelum aku menderita diare, seperti biasa jika aku libur kuliah, aku menjadi supir Ayah dan ibuku. Kami melakukan perjalanan dari kota Pekanbaru menuju ke salah satu daerah di Kabupaten Kuantan Singingi Riau. Perjalanannya lumayan melelahkan membutuhkan waktu sekitar 3 jam, mungkin seperti dari Jakarta ke Bogor kali ya, haha. Setelah menyelesaikan segala urusan disana, kami pun kembali lagi ke Pekanbaru, namun sebelum tiba di rumah, aku, Ayah dan Ibu, singgah sebentar untuk makan malam di sebuah restoran. Di restoran itu, aku memesan makanan kesukaanku, dendeng bertabur cabe merah, minumnya jus terong belanda, kapan lagi makan enak teman, haha.

Setelah puas dinner, kami pun memutuskan untuk pulang ke rumah. Nah teman, saat aku hendak tidur itulah mulai ada rasa yang sangat aneh dari perutku, tiba-tiba di dalam perutku seperti berputar-putar rasanya, pokoknya mules banget deh rasanya. Dan akhirnya mulai malam itu, aku melakukan aktivitas rutin, buang air besar ke kamar mandi, dan akhirnya ketakutanku pun muncul, aku terserang diare. Esok paginya, aku memutuskan membuat teh pahit, karena konon katanya teh pahit juga bisa menghentikan diare. Namun walaupun sudah minum teh pahit, sepertinya pencernaanku masih belum normal, karena fesesku masih cair. Akhirnya sembari minum teh pahit, aku pun memutuskan untuk minum obat diare yang dijual bebas di apotik, aku sangat berharap semoga cepat diberi kesembuhan oleh Allah, karena memang penyakit ini begitu menyiksa.

Setelah dua hari minum obat diare dan juga minum teh pahit, namun belum juga membaik, akhirnya aku mencoba minum oralit. Namun sudah hampir empat hari berlalu sejak aku terkena diare, namun belum juga ada perubahan, perutku masih juga mules, nafsu makan mnurun, dan terkadang terasa ingin muntah. Aku terus berdoa dalam hati, supaya aku segera diberi kesembuhan, sembari melihat ke belakang, apa penyebabnya aku terkena penyakit diare ini. Aku baru sadar dua hari sebelum terkena diare, aku tidur terlalu larut malam, hampir pagi malahan. Ditambah lagi keesokan harinya, aku melakukan perjalanan jauh bersama kedua orang tuaku, yang mana ditengah perjalanan, ban mobil kami bocor dan kebetulan hari sedang gerimis, ditengah gerimis itu ayah dan aku mengganti ban kami yang bocor. Kemudian saat makan malam aku menyantap makanan yang mungkin terlalu pedas dan mungkin aku kurang bersih mencuci tanganku, karena daku makan tidak menggunakan sendok. Ditambah lagi kondisiku yang kurang fit, sehingga mudah sekali penyakit menyerang. Akhirnya siang itu, aku dibawa ke rumah sakit, karena kondisiku yang benar-benar lemas dan pucat, akibat diare yang kuderita. Dirumah sakit, kuceritakan keluhan-keluhanku kepada dokter, setelah itu dokter pun memberikan obat untuk kuminum. Dokter menyarankan agar aku banyak minum air putih, agar aku tidak dehidrasi, karena memang diare ini dapat menimbulkan dehidrasi jika tidak diimbangi minum yang cukup.

Alhamdulillah sobat setelah dua hari minum obat dari dokter, Allah memberikanku kesembuhan. Fesesku mulai normal, dan kondisiku pun mulai membaik. Semenjak kejadian itu, aku pun menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. Kini aku jarang tidur terlalu larut, dan jika sebelum makan, daku pasti mencuci tangan menggunakan sabun agar benar-benar bersih dari bakteri dan kuman penyebab diare. Karena biasanya aku hanya mencuci tangan sekedarnya saja, tanpa memperhatikan akibatnya. Sekian ceritaku sahabat, semoga dapat diambil pelajaran berharga dari cerita kelam ini. Tetap semangat, dan jaga kesehatan selagi muda, sebelum menyesal di hari tua.

Wassalam.


 

Diikut sertakan dalam rangka milad blog Try2bcoolnsmart yang ke-2, Kontes Aku Ingin Sehat.

^_^


 


 


 

2 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat. Akan segera dicatat :)

    ReplyDelete
  2. mantap..kesehatan memang perlu dijaga..lebih baik mencegah dari pada mengobati...

    ReplyDelete

Harap komentarnya agar blog ini semakin lebih baik ^_^

About Me

My photo
Seorang insan, yang masih punya cita-cita yang belum tercapai, yang jelas: Don't stop my step!!

Yang Ngintip Slot ini:

Followers

Copyright © 2013 Blognya Adhitya H. P.. Bloggerized byOzynetwork converted by BloggerTheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top